Persyaratan Mengurus Izin Restoran Di Jakarta

Jakarta, Gapura Office – Perkembangan bisnis restoran saat ini sangat bagus, tidak heran banyak chef dan artis yang membuka restoran sebagai bisnis masa depan mereka, dengan penduduk indonesia yang besar, membuat bisnis di sektor makanan dan minuman menjadi hal yang sangat bagus masa depannya, apalagi saat ini dengan perkembangan media sosial yang sangat cepat, sebuah restoran bisa langsung viral dan makanan atau restoran yang terpencil sekalipun bisa langsung ramai oleh pengunjung.

Mendirikan sebuah restoran yang benar tidaklah bisa sembarangan karena anda harus memiliki legalitas atau izin yang resmi untuk restoran anda agar tidak terjadi masalah dikemudian hari yang dapat mengakibatkan restoran anda menjadi tutup atau bangkrut. Untuk saat ini izin mengurus izin usaha restoran sudah dipermudah oleh pemerintah dengan diluncurkannya sistem OSS ( Online Single Submission ) yang akan menjadi solusi untuk pengusaha mendapatkan izin usaha. Dengan adanya sistem OSS ini pengajuan izin usaha restoran untuk perusahaan perorangan , mikro, kecil , menengah dan besar, perusahaan lokal maupun asing semua pengajuannya melalui sistem OSS ini, meski begitu masih ada beberapa izin yang harus dilakukan diluar sistem OSS.

Sebelum memulai sebuah usaha ataupun bisnis lebih baik ditentukan terlebih dahulu bentuk perusahaan yang sesuai dengan modal usaha anda dan rencana bisnis yang telah anda persiapkan. Perusahaan yang didirikan dapat dalam bentuk perorangan , PT, ataupun CV, masing – masing bentuk perusahaan memiliki kelebihan dan kekurangan yang harus anda ketahui dahulu. Menentukan bentuk perusahaan yang ingin anda dirikan harus sesuai dengan bisnis dan modal yang anda jalankan, seperti yang kita bahas pada artikel ini, untuk mendapatkan izin restoran perusahaan yang kita dirikan dapat berbentuk Perorangan bila kekayaan bersih paling banyak Rp 500 jta dan tidak termasuk tanah dan bangunan usaha. Apabila lebih dari itu maka anda harus membuat perusahaan berbentuk PT .

Setelah memiliki legalitas perusahaan, anda sudah dapat mengajukan untuk mendapatkan TDUP ( Tanda Daftar Usaha Parawisata ) karena untuk izin usaha restoran masuknya kedalam TDUP. TDUP ini setara dengan SIUP ( Surat Izin Usaha Perdagangan ). Setelah memiliki semua legalitasmnya maka sekarang anda sudah dapat menjalankan restoran anda tersebut dengan resmi dan membayar pajak atas semua penghasilan dari restoran anda.

Mengurus perizinan untuk sebuah usaha memang sedikit merepotkan, bila anda memang tidak memiliki waktu untuk mengurus semuanya, anda dapat menggunakan jasa perizinan dari Gapura Office, yang selalu sedia membantu anda dalam mengurus semua legalitas perusahaan dan juga perizinan. Segera Hubungi kami atau kunjungi Instagram dan Facebook kami dan dapatkan penawaran menarik dari kami.

Share this post

Categories

Blog Archive