Syarat Pengurusan SIUJK ( Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi )

Jakarta, Gapura Office – Mendirikan usaha atau bisnis jasa konstruksi tidak boleh sembarangan, kita harus memiliki izin resmi dari pemerintah terlebih dahulu, berdasarkan Undang – Undang Nomor 2 Tahun 2017 Pasal 1 Nomor 1 Tentang Jasa Konstruksi, yang dimaksud dengan perusahaan jasa konstruksi adalah layanan jasa konsultasi konstruksi dan pekerjaan konstruksi. Jasa konsultasi Konstruksi yang dimaksud adalah layanan keseluruhan atau sebagian kegiatan yang meliputi pengkajian, perencanaan, perancangan, pengawasan dan manjemen penyelenggaraan konstruksi suatu bangunan. Sedangkan yang dimaksud dengan Pekerjaan konstruksi adalah keseluruhan atau sebagian kegiatan yang meliputi pembangunan, pengoperasian, pemeliharaan, pembongkaran, dan pembangunan kembali suatu bangunan.

Setelah mengetahui peraturan tentang Izin jasa konstruksi, sekarang kita akan membahas tentang persyaratan yang harus dimiliki untuk mengurus sebuah izin usaha jasa konstruksi atau SIUJK, untuk persyaratannya pengurusan izin jasa konstruksi ini berbeda untuk setiap pelaku usaha, untuk Perorangan persyaratannya harus memiliki TDUP ( Tanda Daftar Usaha Perdagangan ) , serta surat pernyataan kebenaran dokumen dan dokumen pendukung seperti KTP, NPWP, dan KK. Sedangkan persyaratan untuk Badan Usaha adalah harus memiliki legalitas perusahaan berbentuk PT atau CV dengan begitu bisa langsung mengajukan untuk izin usaha jasa konstruksinya dan setelah mendapatkan Surat izin usaha jasa konstruksi maka perusahaan sudah dapat langsung menyelengarakan usaha jasa konstruksinya.

Dalam pengurusan SIUJK ( Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi ) kita harus memiliki dokumen pendukung berdasarkan peraturan yang tertulis yaitu

  1. KTA ( Kartu Tanda Anggota )
  2. Setiap perusahaan yang mengajukan izin jasa konstruksi harus terdaftar dalam anggota asosiasi perusahaan jasa konstruksi yang terakreditasi dan terdaftar di LPJK.
  3. SKTK ( Surat Keterangan Tenaga Terampil )
  4. Selain memiliki KTA , untuk mendapatkan SIUJK perusahaan anda juga harus memiliki sertifikat tangan terampil (SKTK), sertifikat ini hanya diberikan kepada mereka yang memenuhi persyaratan kompetensi berdasarkan disiplin keilmuan, kefungsian, dan keterampilan tertentu.
  5. SKA ( Sertifikat Keahlian Kerja )
  6. Sertifikat Keahlian Kerja adalah sertifikat keahlian yang diterbitkan oleh LPJK dan menjadi salah satu syarat yang harus dimiliki sebelum mengajukan Izin Usaha Konstruksi.
  7. SBU ( Sertifikat Badan Usaha )
  8. Sertifikat Badan Usaha adalah sertifikat pengakuan terhadap klasifikasi atas kemampuan badan usaha jasa konstruksi termasuk hasil penyeteraan kemapuan badan usaha jasa konstruksi asing.

Setelah semua dokumen diatas telah dilengkapi dan juga dokumen pendukungnya , maka perusahaan anda dapat langsung mengajukan untuk mendapatkan SIUJK ( Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi ) tersebut dan bisa langsung menjalankan usaha anda.

Mengurus semua dokumen tersebut memang merepotkan, tetapi saat ini adalah jasa pengurusan izin dari Gapura Office yang selalu sedia membantu anda dalam pengurusan izin usaha dari persyaratannya sampai dengan izin tersebut selesai. Segera Hubungi kami atau kunjungi Instagram dan Facebook kami dan dapatkan penawaran menarik dari kami.

Share this post

Categories

Blog Archive