Banyaknya Startup Tidak Berhasil, Kenapa?

Jakarta,Gapura Office – Mendirikan sebuah perusahaan baru ( startup ) tidak mudah, banyak yang berhasil dan yang gagal juga banyak. Di negara kita startup yang berhasil masih sangat kecil seperti contohnya startup yang berhasil mencapai level unicorn seperti Gojek, Tokepedia, Bukalapak. Bisa kita bayangkan startup yang berhasil dengan yang gagal sangat berbeda jauh, mengapa hal tersebut bisa terjadi, semua akan kita bahas pada artikel ini.

Tentunya kegagalan dapat menjadi pelajaran buat para perusahaan startup yang saat ini sudah berjalan maupun yang sedang atau baru akan dijalankan.untuk menjalankan startup agar berhasil kita harus memperhatikan hal – hal berikut.

  1. Tidak Paham kebutuhan Pasar
  2. Salah satu akibat kegagalan sebuah perusahaan startup di Indonesia adalah tidak melakukan riset terhadapap kebutuhan pasar yang ada di negara ini. Banyaknya perusahaan startup yang membuat sebuah produk dengan ide – ide cemerlang mereka, tetapi produk yang mereka buat tersebut tidak memberikan manfaat terhadap pasar Indonesia. Maka dari itu untuk mencegah terjadinya kesalahan dalam meluncurkan sebuah produk sehingga terjadi kegagalan, maka diperlukan riset pasar terlebih dahulu untuk mengetahui kebutuhan dari pasar.
  3. Gagal Berkompetisi
  4. Tidak memperhatikan atau mengeamati pesaing bisnis akan membuat kita tidak dapat berkompetisi karena sangat banyak perusahaan startup yang mempunyai model bisnis yang sama atau mirip. Untuk dapat berkompetisi dengan pesaing bisnis maka kita harus menawarkan produk yang mempunyai nilai lebih dibandingkan dengan pesaing kita.
  5. Tidak mempunyai perencanaan
  6. Menjalankan sebuah perusahaan tentu kita harus mempunyai perencanaan yang matang agar dapat mempertahankan keberlangsungan perusahaan kita, tetapi saat ini banyak sekali perusahaan startup yang tidak memikirkan perencanaan dengan matang dan hanya mengandalkan ide membuat produk baru saja sehingga terjadilah kegagalan. Membangun sebuah perusahaan startup sama seperti membangun perusahaan konvensional, perlu dibuat perencanaan yang matang agar perusahaan bisa sukses.
  7. Perencanaan Keuangan Yang Salah
  8. Uang adalah hal yang penting untuk keberlangsungan perusahaan, diperlukan alokasi yang benar perusahaan dapat berjalan terus karena uang memiliki batas. Banyak perusahaan startup gagal karena tidak bijaksana dalam mengalokasikan uangnya sehingga terjadi pengeluaran – pengeluaran yang tidak tercatat yang mengakibatkan perusahaan menjadi kehabisan uang sehingga tidak bisa lagi menjalankan operasional. Buatlah perencanaan pengunaan uang perusahaan dan lakukan pencatatan yang rapi agar perusahaan dapat berkembang.

Sudah tahu belum bagaimana anda harus menjalankan startup anda, memiliki produk yang sesuai kebutuhan pasar, dapat mengatasi pesaing, mempunyai perencanaan yang matang dan pengunaan keuangan yang bijaksana, itu adalah poin yang akan membawa perusahaan kita memcapai kesuksesan. Sobat Gapura ingin memiliki perusahaan startup, segera gapai mimpi sobat bersama virtualofficeku.com. Sewa virtual office dan urus legalitas perusahaan anda menggunakan jasa kami dan kembangkan bisnis anda menjadi startup yang sukses di Indonesia. Segera hubungi kami atau kunjungi Instagram dan Facebook kami dan dapatkan penawaran menarik dari kami.

Share this post

Categories

Blog Archive