Mengurus Legalitas Yayasan

Gapura Office, Jakarta – Mendirikan yayasan merupakan salah satu cara agar kegiatan yang dilakukan oleh sebuah organisasi untuk memiliki kredibilitas yang baik, di jaman sekarang memiliki organisasi yang memiliki kredibilitas baik menjadi sangat penting untuk keberlangsungan kegiatannya, khususnya untuk organisasi yang bersifat nirbala.

Di Indonesia untuk organisasi nirbala baik yang berbentuk yayasan maupun perkumpulan, kredibiltas menjadi salah satu faktor penentu keberlangsungan organisasi atau yayasan tersebut, contohnya untuk yayasan yang didirikan untuk mengelola dan menyalurkan bantuan kemanusiaan maka tanpa dukungan legalitas yang baik dan lengkap dan juga struktur organisasi serta pengurus yang jelas dan pengelolaan keuangan yang transparant maka masyarakat tidak akan percaya dengan organisasi tersebut.

Untuk mengurus legalitas organisasi atau yayasan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sehingga anda bisa mendirikan yayasan yang memiliki kredibilitas baiik.

  1. Pendiri Yayasan
  2. Pendiri yayasan adalah seorang warga negara indonesia ( WNI ) atau warga negara asing ( WNA ) yang memenuhi syarat yang ditentuka oleh pemerintah Indonesia.
  3. Kekayaan Yang Dipisahkan
  4. Untuk mendirikan sebuah yayasan salah satu syaratnya adalah adanya kekayaan awal yang merupakan harta yang dipisahkan oleh pendirinya. Yang dimaksud Kekayaan yang dipisahkan adalah kekayaan awal yayasan tersebut berdiri yang berdasarkan peraturan pemerintah indonesia yaitu Rp 10.000.000 ( sepuluh juta rupiah ) untuk yayasan yang didirikan oleh orang Indonesia ( WNI ) dan Rp 100.000.000 ( seratus juta rupiah ) untuk yayasan yang didirikan oleh orang asing ( WNA ).
  5. Struktur Pengurus Yayasan
  6. Salah satu alasan didirikan sebuah yayasan adalah agar tujuan dalam bidang sosial, keagamaan, dan kemanusiaan bisa lebih profesional. Struktur pengurus yayasan harus terdiri dari Pembina, Pengurus dan Pengawas.
  7. Legalitas Yayasan
  8. Yang terakhir harus diperhatikan adalah legalitas dari sebuah yayasan. Yayasan yang memiliki kredibilitas yang baik adalah yang memiliki legalitas yang resmi serta izin yang lengkap. Sebuah yayasan harus memiliki Akta Pendirian Yayasan, NPWP Yayasan, Domisili Yayasan, Tanda Daftar Yayasan, Izin Operasional, dan Kegiatan usahanya.

Mendirikan yayasan memang bukan sesuatu yang mudah, kita harus memiliki kemampuan dan juga persyaratan yang lengkap dan benar. Bila ada hal yang tidak kita perhatikan ketika mendirikan sebuah yayasan maka akan berdampak buruk pada yayasan yang anda dirikan tersebut.

Gapura Office akan membantu anda dalam mendirikan yayasan dengan perizinan yang lengkap sehingga anda tidak perlu repot untuk mengurus kesan kemari. Gapura Office telah banyak membantu klien – klien yang ingin mendirikan yayasan , perkumpulan, dll. Untuk info lengkap atau konsultasi anda bisa langsung hubungi kami atau kunjungi Instagram dan Facebook kami dan dapatkan penawaran menarik dari kami.

Share this post

Categories

Blog Archive